Setting Permalink pada Blog Wordpress

Setting Permalink pada Blog Wordpress

Setelah kemarin berbicara tentang tips SEO dengan menambahkan plugins All in One SEO Pack, kali ini saya juga berbicara lagi tentang tips SEO yaitu cara setting permalink pada blog Wordpress. Pengaturan permalink yang bagus pada blog sangatlah penting agar blog lebih SEO friendly.

Secara default permalink pada blog Wordpress akan struktur seperti ini http://www.namadomain.com/?p=123. Banyak blogger mengatakan struktur permalinks seperti ini kurang SEO friendly karena judul dari artikel tidak kelihatan pada url. Seperti yang kita ketahui bahwa judul posting yang kelihatan pada URL akan sangat membantu posisi dari SERPs ( Search engine Result Pages). Oleh karena itu, sangat dianjurkan agar sebuah blog memakai struktur permalink seperti /%category%/%postname% atau hanya /%postname% saja. Sehingga pada url artikel blog akan menjadi http://www.namadomain.com/kategori/judulartikel atau http://www.namadomain.com/judulartikel saja.

Nah, untuk itu agar blog lebih SEO friendly maka perlu kiranya kita merubah struktur permalik default Wordpress. Untuk melakukan setting pada permalinks blog wordpress pertama Anda login ke Dashboard blog Wordpress Anda. Pada dashboard klik menu Setting » Permalinks. Pada jendela permalinks, tandai pilihan Custom Structure. Kemudian berikan stuktur yang Anda inginkan pada iput yang tersedia.

Untuk struktur permalink yang akan dimasukkan pada input tadi, Anda mempunyai beberapa pilihan seperti yang saya sebutkan diatas tadi. Yang pertama Anda bisa menggunakan struktur /%category%/%postname%.
Struktur permalink dengan kategori dan judul
Hasil dari struktur permalink diatas nantinya akan menjadi http://www.namadomain.com/kategori/judulartikel. ontohnya, pada artikel ini judulnya Permalink pada Blog Wordpress. Maka URLnya nanti akan http://www.namadomain.com/tips-seo/permalink-pada-blog-wordpress.

Yang kedua adalah dengan struktur permalilnk /%postname%
Struktur permalink dengan menggunakan judul saja
Hasil dari struktur permalink diatas nantinya akan menjadi http://www.namadomain.com/judulartikel. Contohnya, jika Anda membuat judul Pengaturan Permalink pada Blog. Maka URLnya nanti akan http://www.namadomain.com/pengaturan-permalink-pada-blog.

Selain itu, jika Anda ingin memasukkan ekstensi .html pada permalinks, Anda tinggal menambahkan .html dibelakang permalink. Contohnya /%postname%.html.
Struktur permalink dengan ekstensi html
Maka hasil dari struktur permalink diatas nantinya akan menjadi http://www.namadomain.com/judulartikel.html. jika Anda membuat judul Setting Permalink pada Blog Wordpress. Maka URLnya nanti akan http://www.namadomain.com/setting-permalink-pada-blog-wordpress.html.

Sekarang tinggal Anda sendiri yang menentukan. Mau pakai struktur permalink yang mana agar blog lebih SEO friendly. Setelah selesai mengatur permalink blog Anda jangan lupa menyimpan setting dengan mengklik tombol Save Changes. Sekian tips singkat melakukan setting permalink blog yang tentu saja bertujuan agar blog lebih SEO friendly dan mampu mendongkrak hasil SERPs. Semoga bermanfaat.

Penulis : Wahyu Nugroho Indrawinata ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Setting Permalink pada Blog Wordpress ini dipublish oleh Wahyu Nugroho Indrawinata pada hari Rabu, 25 Agustus 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Setting Permalink pada Blog Wordpress
 

0 komentar:

Posting Komentar