Bermain-main dengan Group Policy Editor

Bermain-main dengan Group Policy Editor

Melanjutkan pembahasan sebelumnya mengenai bermain-main dengan registry, kali ini saya coba jabarkan sedikit tentang bermain dengan Group Policy Editor, semoga bermanfaat::

Computer Configuration > Administrative Templates > System > System Restore
Turn off System Restore
Saran : Default dari Windows XP Professional, system restore akan memonitor seluruh kegiatan system mulai dari copy data dan sebagainya. Di task manager tidak akan terlihat, karena kinerja dari System Restore adalah berjalan sebagai background. Untuk memperingan kinerja sistem dan memberikan ruang lebih kepada hdd, maka sebaiknya sistem restore di matikan. Untuk mematikan system restore, Anda tinggal memberikan permission enable.

Turn off Configuration
Saran : Jika Anda telah mematikan system restore, abaikan tips ini. Tetapi jika Anda tetap menggunakan system restore, tips ini bisa juga berlaku untuk Anda. Fungsi dari Turn off Cofiguration adalah disable kustomisasi dari system restore, tetapi bukan penon-aktifan system restore. System restore akan tetap jalan, tetapi konfigurasinya saja yang akan di non-aktifkan. Untuk menon-aktifkan configuration, Anda tinggal memberikan permission enable.

Computer Configuration > Administrative Templates > System > Error Reporting
Display Error Notification
Saran : Untuk Anda yang tidak suka terganggu dengan laporan error dari suatu program karena crash, Anda bisa mematikan fungsi itu dengan memberikan permission disable pada item ini. Sehinga segala pemberitahuan tentang error / crash dari suatu program tidak pernah sampai kepada Anda. Tetapi jika Anda tidak yakin dengan item ini, abaikan saja setting dari item ini.

Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Component > Windows Installer
Turn off creation of System Restore Checkpoint
Saran : System restore berfungsi untuk mengembalikan setting windows ke semula jika Windows mengalami masalah, tetapi system restore juga akan mempengaruhi kinerja sistem. Membuat sistem menjadi berat dan memakan space hdd untuk checkpoint. Tetapi dengan item yang ini, Anda bisa mematikan fitur System Restore Checkpoint. Sehingga system restore tidak akan bekerja dan membuat check point lagi untuk kompie Anda. Berikan permission enable untuk mematikan checkpoint pada system restore.

Computer Configuration > Administrative Templates > Windows Component > Windows Messenger
Do not allow Windows Messenger to run
Saran : Jika Anda tidak menggunakan secara langsung fungsi Messenger dari Windows Messenger, sebaiknya Anda matikan saja fungsi ini karena sangat tidak berguna sekali apabila Anda tidak punya account Hotmail tetapi Anda tetap menjalankannya. Untuk mematikan fungsi ini, beri permission enable pada item ini.

Do not automatically start Windows Messenger initially
Saran : Sama dengan pengertian di atas, jika Anda tidak menginginkan fungsi ini berjalan. Anda tinggal memberi permission enable pada item ini, maka fungsi dari Windows Messenger akan di non-aktifkan secara keseluruhan

User Configuration > Administrative Templates > Windows Component > Windows Explorer
Removes Folder Option menu items from the Tools Menu
Saran : Bagi pengguna komputer home, kemungkinan setting ini masih diperlukan. Tapi bagi pengguna komputer untuk public semisal warnet dan semacamnya, lebih baik setting untuk Folder Options dimatikan saja untuk mencegah hal2 yang tidak di inginkan. Untuk menghilangkan folder options, tinggal setting ke enable saja. Begitu juga sebaliknya.

Remove File menu from Windows Explorer
Saran : Sebenarnya untuk mengaktifkan maupun menon-aktifkan item ini tidak berpengaruh banyak terhadap kinerja sistem, jadi untuk kemudahan aksesibilitas lebih baik setting untuk item ini di-disable.

Remove Search button from Windows Explorer
Saran : Jika Anda sering menggunakan fasilitas search, lebih baik item ini di abaikan saja. Tetapi jika Anda tidak pernah menggunakan fasilitas search dari Windows sama sekali, Anda boleh saja men-disable fitur ini dengan cara memberikan set enable pada item ini.

Remove Windows Explorer’s default context Menu
Saran : Item ini akan berimbas disable klik kanan pada explorer jika item ini di set enable, tetapi jika tidak, item ini tidak akan berpengaruh apa2 terhadap keseluruhan sistem.

Remove CD Burning Features
Saran : Jika Anda tidak menggunakan CD Writer / DVD Writer, abaikan item ini. Tetapi jika Anda menggunakan Writer dengan menggunakan software lain selain bawaan dari Microsoft Windows XP Professional, maka sebaiknya menu ini di disable dengan cara memberikan setting enable pada item ini. Fungsinya adalah memberikan kompabilitas penuh kepada software pihak ketiga untuk melakukan burn.

Turn off caching of thumbnails pictures
Saran : Lebih baik Anda men-enable item ini, karena fungsi sebenarnya dari item ini adalah mematikan fungsi cache setiap gambar yang tersimpan di komputer Anda. Dengan me-enable setting ini, kemungkinan kinerja komputer akan meningkat walau tidak banyak dan space hdd akan bertambah karena cache dari setiap gambar akan dihilangkan.

User Configuration > Administrative Templates > Start Menu and Taskbar
Clear history of recently opened documents on exit
Saran : Untuk menghemat space yang digunakan untuk system yaitu C:\_, lebih baik item yang satu ini di enable. Berfungsi untuk menghapus seluruh recent document yang di create di folder C:\Documents and Settings\[username]\Recent. Jadi setiap kali sistem melakukan logging off, semua files yang ada di folder recent document akan di clear secara otomatis. Efek negatif untuk melakukan enabling terhadap sistem ini saya rasa tidak ada. Efek positifnya adalah space hdd bisa di hemat untuk menghapus dokumen tidak penting dan tidak layak disimpang untuk jangka waktu lama.

Lock Taskbar
Saran : Untuk item yang satu ini, tergantung penggunanya. Tapi bagi yang lebih suka untuk drag and drop shorcut, lebih baik item ini di enable. Karena supaya taskbar yang sudah ada pada penataannya akan terjaga di tempatnya, dan terhindar dari salah drag and drop. Efek negatif, kita tidak bisa menggeser taskbar kemana-mana sebelum lock taskbar di disable.

Remove Ballon Tips on Start Menu items
Saran : Bagi yang terganggu dengan muncul nya popup instalasi program baru dan popup clean desktop items, mungkin bisa mengaktifkan / meng-enablekan item ini. Karena setting enable dari item ini berguna untuk menghilangkan popup yang mungkin menurut beberapa pengguna sebagai penganggu.

Remove frequent program list from the start menu
Saran : Saya pribadi jika men-disable item ini, maka start menu akan terasa berat di loading. Karena ada beberapa list software yang diletakkan di dalam start menu. Maka caranya adalah meng-enablekan item ini, sehingga loading start menu akan lebih cepat karena list dari program yang sering kita gunakan akan dihilangkan dari start menu.

Remove links and access to use Windows Update
Saran : Intinya saya tidak pernah menggunakan layanan Windows Update secara langsung dari Microsoft, sehingga saya meng-enablekan item ini untuk menghindari contact langsung dengan Microsoft Windows Update. Tetapi jika Anda menggunakan Windows Original dan ingin mendapatkan update resmi dari Microsoft, jangan melakukan setting apa pun dengan item ini. Skip saja dalam list optimasi Anda.

Remove My Documents / My Music / My Pictures / My Network Places
Saran : Saya orangnya suka compact di dalam penampilan Windows XP, jadi untuk beberapa icon di start menu saya hilangkan dengan cara memberi permission enable pada ke empat item di atas. Maka shortcut untuk menuju ke My Document, My Music, My Pictures, dan My Network Places saya hilangkan.

Remove Pinned program lists from the Start Menu
Saran : Beberapa program penting bawaan Microsoft Windows XP, contohnya Default Browser dan Default eMail Client akan diletakkan shortcut semacam sticky di dalam start menu dan tidak bisa di geser oleh program lain kecuali kita yang memberikan hak akses secara manual. Jika pinned list / sticky list itu tidak berguna bagi Anda, lebih baik anda melakukan enabling terhadap setting item ini.

User Configuration > Administrative Templates > Desktop
Remove the Desktop CleanUp Wizard
Saran : Jika Anda mempunyai shortcut banyak sekali di Desktop, lebih baik Anda merapikannya terlebih dahulu. Belum tentu semua shortcut yang Anda buat itu terpakai secara frequent / selalu dipakai setiap kali Anda menyalakan komputer. Jadi lebih baik sisakan beberapa icon yang menurut Anda SANGAT penting sekali untuk mendapatkan akses ke program yang bersangkutan dengan cepat. Jika Anda bingung mana saja shortcut yang tidak pernah Anda gunakan, coba disable item ini. Dalam jangka waktu tertentu, sistem windows akan mengindikasikan shortcut yang memang jarang terpakai dan Anda diminta untuk merapikannya lalu dikumpulkan di dalam satu folder shortcut yang jarak digunakan.


User Configuration > Administrative Templates > System
Don’t display the Getting Started welcome screen at logon
Saran : Jika Anda lebih mementingkan performance komputer Anda daripada menunggu lama Welcome Screen muncul, ada baiknya Anda memberikan permission enable pada item ini. Fungsinya adalah mendisable welcome screen pada system Anda, sehingga waktu untuk menunggu welcome screen muncul akan ditiadakan.

Prevent access to the command prompt
Saran : Fungsinya jika item ini di enable, maka Anda tidak akan bisa menggunakan command prompt. Ada dua pilihan, Anda akan disable command prompt saja atau Anda juga akan disable script untuk membypass command prompt. Pilih yes jika Anda ingin men-disable seluruh fungsi dari command prompt, tetapi pilih no jika Anda ingin men-disable command prompt, tetapi Anda tetap bisa menjalankan script / batch.

Prevent access to the registry editing tools
Saran : Fungsinya jika item ini di enable, maka registry editor [regedit.exe] tidak akan bisa di jalankan. Ada dua pilihan yang bisa di ambil jika Anda memilih meng-enablekan item ini. Pilih yes jika Anda ingin mematikan fungsi regedit secara total, atau pilih no jika Anda masih membutuhkan registry tetapi GUI (Graphic User Interface) tetap terdisable.

Turn off AutoPlay
Saran : Sebaiknya fungsi ini dimatikan untuk mencegah virus yang sekarang memanfaatkan fungsi autoPlay di dalam sistem operasi Windows XP. Untuk mematikan fungsi ini, Anda tinggal memberikan permission enable.

Windows Automatic Updates
Saran : Jika Anda pengguna rumahan / tidak suka mendapatkan update langsung dari Microsoft Windows Update, maka Anda lebih baik mematikan fitur ini. CMIIW, karena walaupun kita tidak mempunyai koneksi internet, engine dari windows update akan tetap jalan sebagai background dan tetap menggunakan resource memory windows kita untuk menjalankannya. Jadi lebih baik, matikan saja fitur ini dengan memberikan permission disable. Note: Jika Anda pengguna Windows Original, abaikan saja setting permission untuk item ini.

Penulis : Wahyu Nugroho Indrawinata ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Bermain-main dengan Group Policy Editor ini dipublish oleh Wahyu Nugroho Indrawinata pada hari Jumat, 03 September 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Bermain-main dengan Group Policy Editor
 

0 komentar:

Posting Komentar