2 Plugin Statistik Blog Wordpress (Part 2)

2 Plugin Statistik Blog Wordpress (Part 2)

Setelah artikel mengenai tutorial wordpress sya selingin dengan artikel pendukung kontes SEO bisnis online rahasia dahsyat hidup sukses dan uang melimpah, kini saya lanjutkan lagi artikel 2 Plugin Statistik Blog Wordpress yang saya posting 2 hari lalu. Pada posting tersebut, saya menyebutkan 2 buah plugin yang cukup bagus digunakan untuk memonitor statistik blog yaitu Wordpress.com Stat dan StatPress. Namun, saya baru membahasa mengenai Wordpress.com Stats saja. Untuk itu, pada hari ini saya lanjutkan dengan membahas plugin StatPress.

StatPress

Plugin StatPress adalah sebuah plugin statistik blog yang dibuat oleh Daniele Lippi. Pada saat posting ini dibuat StatPress telah mencapai versi 1.4.1. Tidak seperti Wordpress.com Stats, Anda tidak membutuhkan API Key untuk bisa menggunakan plugin ini. Laporan statistik yang di tampilkan plugin ini hampir sama dengan yang dilaporkan oleh Wordpress.com Stats yaitu mulai dari Pageviews, Referrers, Top Pages, Search Engine Terms, dan Summary. Namun, saya tidak menemukan adanya Clicks dan Incoming Links pada laporan StatPress.

Walaupun tidak adanya laporan tentang clicks dan Incoming Links dari plugin ini, tetapi ada kelebihan dari plugin StatPress dibanding Wordpress.com Stats. Kelebihan laporan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Browser dan OS . Ditampilkannya browser dan operating system dari pengunjung beserta versinya masing-masing.

Last Agents
2. Spiders. Ditampilkannya informasi mengenai akses spider, baik Google Bot, Yahoo Bot dan spider dari search engine lainnya.

Total Spiders
3. Feeds. Menampilkan informasi tentang jumlah pengunjung yang datang dari Feed blog.

Feeds
4. IP Address. Menampilkan IP Address dari pengunjung.

Top IP
5. Countries & Language. Menampilkan informasi mengenai bahasa dan negara pengunjung.

Language

Semua data yang sebutkan diatas ditampilkan dalam bentuk ringkasan dan juga secara mendetail. Dalam bentuk ringkasan, ringkasan jumlah kunjungan blog ditampilkan dalama bentuk diagram balok. Sedangkan jika data ditampilkan secara detail, Anda akan disugguhkan sebuah pie chart dalam setiap informasi.
Cara memasang plugin StatsPress.

Jika Anda lebih tertarik menggunakan StatPress daripada Wordpress.com stats dan ingin memasangnya pada blog Anda, berikut cara install plugin StatPress:

1. Klik Plugins » Add New. Pada kotak pencarian ketik “StatPress” dan klik Search.
2. Pada halaman hasil cari, klik Install pada plugin StatPress stats versi 1.4.1 dari Daniele Lippi.

Install Plugin StatPress
3. Pada jendela yang muncul klik tulisan Install Now pada pojok kanan atas jendela.
4. Setelah proses install selesai klik tulisan Activate Plugin.

Proses pemasangan plugin StatPress kini telah selesai. Anda bisa melihat laporan statistik blog Anda dengan mengklik StatPress » Overviews dan untuk melihat secera detail klik menu Details.

Sekian info mengenai 2 plugin statistik untuk blog Wordpress beserta cara memasangnya di blog. Jika Anda memiliki informasi tambahan, silahkan ajukan melalui kotak komentar. Salam!

Penulis : Wahyu Nugroho Indrawinata ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel 2 Plugin Statistik Blog Wordpress (Part 2) ini dipublish oleh Wahyu Nugroho Indrawinata pada hari Rabu, 25 Agustus 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan 2 Plugin Statistik Blog Wordpress (Part 2)
 

0 komentar:

Posting Komentar