LANGKAH MENGINSTALL OS.LINUX

LANGKAH-LANGKAH MENG-INSTALL OS.LINUX (UBUNTU)

pada pekan ini saya bakal membahas proses penginstallan os linux ubuntu..
proses penginstallan sama halnya dengan menginstall os windows
tinggal mengikuti step by stepnya saja ..
namun agar lebih paham saya akan coba menjelaskannya kepada anda para pengunjung semoga pemanfaat..

saya akan mencoba menginstall os linux ubuntu dalam mesin virtual yaitu VMWARE
sebelas dua belas dengan yang aslinya kok jangan cemas !!
okey bos kita langsung saja masuk kedalam proses penginstall..

1. ketika memasuki menu awal ubuntu pilih.lah yang INSTALL UBUNTU..setelah itu anda akan masuk dan menunggu dibawah ini ada langkah pertama dalam proses penginstallan os linux ubuntu.
pada step dibawah ini anda ditunjukan untuk memilih bahasa yang anda mengerti agar proses penginstall dapat berlangsung secara cepat dan benar.sebagai contoh pilih.lah bahasa inggris sebagai bahasa internasional..seperti gambar dibawah ini. setelah itu klik forward untuk ke.langkah selanjutnya.



2. setelah masuk proses diatasa maka anda akan masuk ke-step selanjutnya pada step ini anda akan diminta untuk memilih zona waktu anda berada,digunakan untuk mengatur waktu pada os anda dan dimana letak anda berada..
anda dapat memilih zona waktu terserah anda.setelah anda memilih klik forward untuk ke step selanjutnya..



3. setelah proses diatasa maka anda akan memasuki step selanjutnya. pada step ini anda akan diajukan untuk memilih jenis keyboard yang anda gunakan dana kenal agar anda dapat berinteraksi terhadap os linux dalam ketik-mengetik dapat terkoneksi dan menyambung .pilih jenis keyboard sesuka anda.klik forward bila sudah memilih untuk masuk kelangkah selanjutnya.



4. step 4 dari 7 step penginstalan telah anda masuki dalam step ke-4 ini anda ditugaskan untuk mempartisi drive.untuk mengatur partisi sendiri maka anda pilih specify partitions manually,kemudian anda klik forward
maka anda akan masuk ke kotak selanjutnya.



5. setelah anda memilih manual partis pada step diatas maka setiap dibawah ini anda masuk untuk mempartisi anda dapat membuat partisi caranya klik "new partition table" kemudian pilih partisi untuk root dengan tanda " / " dengan type "ext3" dan ukurannya dapat anda sesuaikan sendiri sesuai harddisk yang anda miliki. klik ok.
kemudian klik lagi "new partition table " pilih partisi untuk swap dan ukurannya pun terserah pada anda.
Swap merupakan partition yang boleh dibuat pada hard disk dan digunakan sebagai virtual memory. Dengan maksud, swap ini digunakan apabila (fizikal memory) yang ada pada komputer telah digunakan secara maksimun, maka swap akan digunakan untuk menampung memori tambahan.
setelah itu klik forward untuk ke step selanjutnya.



6. setelah proses diatas anda akan masuk ke step selanjutnya pada step ini anda diperkenankan untuk memengisi identitas komputer anda dari nama,nama login,password login,dan nama komputer wajib diisi sebagai syarat wajib terwujudnya instalasi setelah terisi semua anda klik lagi forwad untuk ke step selanjutnya,



7. setelah itu anda diberikan gambaran semua data yang anda isi pada step-step sebelumnya sebagai pemantap anda untuk proses instalasi tersebut sudah benar dengan data yang anda inginkan ,apabila tidak maka anda dapat mengklik back untuk step sebelumnya apabila sudah fix maka anda klik instal untuk langkah penginstallan.



8. dibawah ini proses penginstallan ubuntu linux sedang berlangsung anda akan menunggu hingga proses penginstallan sudah sempuran selesai.



9. setelah menunggu beberapa saat pada sesi penginstallan maka pada step selanjutnya penginstaaln sudah selesai dilaksanakan.maka anda tinggal memilih "restart now" untuk masuk kedalam sistem operasi dengan user yang sudah anda buat tadi.



10. setelah direstart maka sebelum masuk ke menu anda diwajibkan mengisi user name dan password untuk masuk..
user dan password sesuai dengan data yang anda isi pada langkah penginstallan setelah itu klik log in.



11. setelah itu anda dapat menggunakan sepenuhnya sistem operasi linux.
sebagai contoh saya membuka terminal sebuah aplikasi yang sama fungsi dengan command prompt pada os windows.dan berikut root dan user yang sedang anda masuki saat ini....



proses installasi selesai anda dapat menggunakannya sekarang... :)

Penulis : Wahyu Nugroho Indrawinata ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel LANGKAH MENGINSTALL OS.LINUX ini dipublish oleh Wahyu Nugroho Indrawinata pada hari Sabtu, 20 November 2010. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 1komentar: di postingan LANGKAH MENGINSTALL OS.LINUX
 

1 komentar: